Bagaimana cara menentukan peserta Tennis Grand Slam?

Grand Slam Entry

Saat artikel ini ditulis, yaitu saat ini, sedang berlangsung turnamen Tennis Grand Slam Roland Garros atau French Open. Dan mungkin ada pecinta tennis yang bertanya-tanya, bagaimana caranya menjadi peserta turnamen Roland Garros ini. Apakah semua orang bisa mendaftar?

Well, kita akan coba jawab..

Satu yang pasti, agar bisa mengikuti turnamen anda haruslah anggota asosiasi Tennis, ATP (pria) atau WTA (wanita). Tapi itu pun belum cukup. Ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan.

Sebelum lanjut, ada pertanyaan yang harus dijawab lebih dulu yaitu; Berapa jumlah peserta Turnamen Grand Slam?

Mari kita jawab untuk  kategori single pria maupun single wanita yaitu 128 peserta atau pemain.

Nah, dari sini, pertanyaan selanjutnya adalah; Siapa yang berhak ikut bermain? Padahal pemain tennis yang terdaftar di ATP/WTA lebih dari seribu!

Agar bisa menjadi salah satu dari 128 peserta yang akan berkompetisi dalam turnamen grand slam, seorang pemain tennis harus memiliki ranking tertentu sebagai syarat.

Untuk pemain tennis yang memiliki ranking WTA ; 1 sampai 108 atau ATP; 1 sampai 104, berhak langsung mendaftar dalam turnamen. Namun yang harus diperhatikan, ada istilah protected ranking. Apa itu?

Protected Ranking adalah ranking seorang pemain yang meskipun berada dibawah 108 (WTA) atau 104 (ATP) tapi karena telah memenangkan turnamen tertentu, maka diberikan hak untuk ikut dalam turnamen grand slam. Para pemain yang memperoleh Protected Ranking akan menggeser pemain yang berada di ranking 108/104 besar jika ranking mereka pada saat akan digelar turnamen berada di bawah 108/104.

Pada turnamen grand slam Roland Garros kali ini, pemain yang memperoleh protected ranking untuk WTA adalah Serena Williams, Victoria Azarenka, Saisai Zheng, Bethanie Matteks-Sand, Kristina Kucova dan Vania King. Sedangkan untuk ATP adalah Andreas Haider-Maurer, Yoshihito Nishioka, Steve Darcis.

Selanjutnya, ada jatah 12 (WTA) atau 16 (ATP) tiket yang bisa diperebutkan oleh pemain-pemain dengan ranking di bawah 108/104. Tiket ini diperebutkan melalui qualifikasi yang diadakan sebelum turnamen grand slam. Hanya 128 peserta yang bisa ikut qualifikasi, dan siapa yang berhak ikut kualifikasi pun sesuai urutan ranking.

Terakhir, masih ada jatah 8 tiket menuju turnamen grand slam. Dan 8 tiket ini diberikan kepada pemain sebagai Wildcards. Nah, apa itu wildcards.

Wildcards adalah tiket yang diberikan oleh pihak-pihak tertentu (panitia dan pengurus turnamen) kepada pemain-pemain tertentu tanpa melihat ranking untuk dapat berpartisipasi dalam turnamen grand slam. Misalkan ada pemain junior yang memiliki prestasi luar biasa. Atau pemain bintang. Dan sebagainya.

Jadi, sekarang sudah jelas kan 128 peserta turnamen grand slam itu ditentukan berdasarkan apa?

Tapi ingat, meskipun pemain-pemain di atas berhak untuk ikut turnamen, mereka tetap harus mendaftar. Karena jika tidak mendaftar, maka dianggap tidak mengikuti turnamen. Dan jatahnya diberikan pada ranking selanjutnya.

Oke.. Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam Tennis!

One thought on “Bagaimana cara menentukan peserta Tennis Grand Slam?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: