Jenis-jenis Turnamen Tennis (Men’s)

federer_2017launch_1920x1080-2.jpg

Ada begitu banyak Turnamen Tennis mulai dari ITF Circuit Futures sampai Grand Slam. Lalu apa bedanya? Pancoran Tennis Club akan membedahnya..

Jika seorang petenis pemula ingin melawan petenis nomor satu dunia saat ini, Andy Murray atau petanis paling tersohor saat ini, Roger Federer, maka ada jalan yang cukup berliku yang harus ditempuh. Hal pertama yang harus dilakukan adalah harus mulai mendapatkan ATP Ranking Point. Tentang ATP Ranking Point akan kita kupas lain waktu, sekarang kita akan membahas seperti apa jalan liku yang harus ditempuh itu.

Pintu masuk pertama untuk mendapatkan poin adalah mengikuti turnamen kasta terendahnya, yaitu turnamen ITF Circuit Futures.

ITF Circuit Futures

Turnamen Futures memberikan kesempatan pemain-pemain yang belum memiliki ranking untuk mengikuti turnamen dan mulai mengumpulkan ATP Ranking Points. Turnamen ini memiliki jadwal yang fleksibel sehingga memudahkan penyelenggaraannya oleh asosiasi tennis nasional sebuah negara.

Turnamen futures adalah turnamen dibawah pengelolaan ITF dan berhadiah US$15.000 atau US$25.000. Memainkan baik single maupun double dan hanya diselenggarakan dalam waktu 1 pekan.

Pemenang Turnamen Futures US$15.000 berhak mendapatkan 18 poin, dan pemenang Turnamen Futures US$25.000 berhak mendapatkan 27 poin. Sedangkan pemenang Turnamen Futures US$25.000+H (+ Hospitality) berhak mendapatkan 35 poin.

Ada lebih dari 600 turnamen futures di lebih dari 60 negara setiap tahunnya.

 

ATP Challenger Tour

ATP_Challenger_Tour_logo.png

ATP Challenger Tour adalah seri turnamen yang dikelola oleh ATP. Ada 90 lebih turnamen yang masuk dalam kategori ATP Challenger Tour di seluruh dunia dengan hadiah bervariasi antara US$43.000 sampai US$150.000.

Dan poin yang diperoleh jika memenangkan turnamen kategori ini bervariasi dari 80 poin sampai 125 poin sesuai jumlah hadiah dan hospitality.

Untuk mengikuti turnamen kategori ini, pemain harus sudah memiliki ATP ranking atau melalui Wild Card dan selain itu, harus terdaftar sebagai anggota ATP.

 

ATP World Tour 250

atp-250-world-tour.jpg

Sesuai namanya, ATP World Tour 250 adalah seri turnamen yang dikelola oleh ATP dengan perolehan poin bagi pemenangnya sebesar 250 poin. Ada 40 turnamen ATP World Tour 250 yang diselenggarakan di seluruh dunia tiap tahunnya.

Turnamen ini berhadiah uang dengan variasi antara US$495.000 hingga US$1.300.000.

 

ATP World Tour 500

Logo_Masters_500.svg.png

ATP World Tour 500 adalah seri turnamen yang dikelola oleh ATP dengan perolehan poin bagi pemenangnya sebesar 500 poin. Ada 13 turnamen dengan kategori ini yang diselenggarakan di seluruh dunia tiap tahunnya.

Turnamen ini berhadiah dengan variasi dari US$1.600.000 hingga US$4.200.000.

 

ATP World Tour Masters 1000

preview-atp_world_tour_masters_1000.png

ATP World Tour 500 adalah seri turnamen yang dikelola oleh ATP dengan perolehan poin bagi pemenangnya sebesar 1000 poin. Ada 9 turnamen dengan kategori ini yang diselenggarakan di seluruh dunia setiap tahun.

Hadiah yang diperebutkan bervariasi antara US$4.600.000 hingga US$8.000.000.

 

ATP World Tour Finals

Barclays_ATP_World_Tour_Finals_logo.svg

ATP World Tour Finals adalah penutup dari rangkaian ATP World Tour. Turnamen ini diselenggarakan sekali dalam setahun di bulan November di London. Diikuti oleh pemain dengan ATP ranking 8 pertama baik single maupun double.

Pemenang turnamen ini memperoleh poin 1500 poin, terbanyak kedua setelah turnamen Grand Slam dan berhadiah uang US$8.000.000.

 

Grand Slam

Grand Slam adalah sebutan untuk 4 turnamen paling prestisius di dunia; Wimbledon, US Open, French Open dan Australia Open. Hal ini tidak hanya karena hadiahnya yang besar, atau poin yang diperoleh, tapi lebih kepada nilai sejarahnya. Keempat turnamen ini merupakan turnamen bersejarah.

Turnamen ini diadakan oleh panitia setempat yang bekerja sama dengan ITF.

Dalam setahun, masing-masing grand slam hanya diadakan sekali dan Australia Open adalah sebagai turnamen pembukanya yang diadakan di bulan Januari di Melbourne, Australia. Selanjutnya di bulan Mei, rangkaian Grand Slam berlanjut menuju Perancis dengan turnamen Roland Garros atau French Open. Di bulan juli, Grand Slam diadakan di London dengan turnamen Wimbledon. Dan sebagai penutup rangkaian Grand Slam adalah US Open yang diadakan di New York, Amerika Serikat.

Turnamen Grand Slam berhadiah lebih dari US$22.000.000. Selain itu, pemenang akan mendapat 2000 poin.

 

Turnamen Lainnya

Dan itulah jenis-jenis turnamen berdasarkan kasta yang dilihat baik dari jumlah hadiahnya, maupun perolehan point-nya. Tentu saja, masih ada banyak turnamen lain baik yang dapat menghasilkan ATP poin seperti:

  • Davis Cup; Davis Cup adalah turnamen antar negara yang diadakan oleh ITF.

Selain itu tentu masih banyak lagi turnamen yang tidak menghasilkan ATP Ranking Point seperti:

  • Junior Cicuit (oleh ITF)
  • Hopman Cup (oleh ITF)
  • Olympic Tennis (oleh ITF)
  • Next Gen ATP Final (oleh ATP)
  • dan lain-lain..

 

Pancoran Tennis Club – Jakarta

Disarikan dari:

 

Satu pendapat untuk “Jenis-jenis Turnamen Tennis (Men’s)

  1. Walaupun belum punya ada ATP rank apakah kita bisa langsung mendaftar utk bermain di ITF Circuit Futures..??

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: